Jember (Sabtu 22/10) – Sesuai Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 yang menetapkan bahwa Hari Santri Nasional jatuh pada tanggal 22 Oktober. Atas dasar tersebut, MTs Negeri 5 Jember pun juga ikut merayakan hari peringatan santri nasional pada Sabtu kemarin. Euphoria tidak hanya dirasakan para kalangan pesantren, namun juga instansi-instansi madrasah di bawah naungan Kementerian Agama. Salah satunya MTs Negeri 5 Jember pun tak luput dalam hal ini.

Peringatan Hari Santri Nasional di MTs Negeri 5 Jember bersama mahasiswa PLP UIN KHAS Jember diawali dengan kegiatan upacara bendera dengan seluruh siswa serta dewan guru dan karyawan menggunakan baju muslim. Upacara bendera dilaksanakan dengan penuh khidmat dan tertib. “Santri tidak hanya merujuk pada seseorang yang ada di pondok pesantren, tapi santri juga diartikan pada seseorang yang sedang menuntut ilmu. Maka, kalian siswa-siwiku MTs Negeri 5 Jember berbanggalah menjadi santri.” Tutur bapak Imam Ghozali, sebagai pembina upacara pagi itu.

Seusai upacara , dilanjutkan dengan pengumuman pemenang lomba Maulid Nabi serta penyerahan hadiah bagi para pemenang lomba maulid nabi yang diselenggarakan dua hari lalu. Tidak hanya berhenti disitu, sebagai bentuk partisipasi dalam menyemarakkan Hari Santri Nasional yang berdekatan dengan Hari Maulid Nabi, MTs Negeri 5 Jember juga mengadakan acara maulid yang dikhususkan untuk para siswa. Sama seperti sebelumnya, acara Maulid Nabi kembali dilaksanakan di musholla. Acara tersebut dimulai setelah upacara bendera selesai dan tepat pukul 11.00  acara usai.

Penulis: Rosa Yuliana, S.Pd